Dead Pixel


Karena masih banyak yang bingunga apa itu dead pixel, kali ini saya akan membahas tentang apa itu dead pixel lebih dalam lagi,..
yuk mari disimak bareng bareng dengan saksama ^_^


Permasalahan dead pixel (Hp, Tab, Laptop atau Gadget lainnya yang penting ada layarnya) 
yang belum cek, coba di cek dengan teliti HH nya !!!!

Bayank muncul pertanyaan seperti berikut : 
1. Apa itu dead pixel ?
Dead pixel adalah kondisi yang mana salah satu dari ribuan piksel yang terdapat di layar gadget rusak dan tidak bekerja sebagai mana mestinya.
Terkadang dead pixel ini menampilkan warna yang lebih gelap, lebih terang, atau malah menampilkan warna yang sama sekali berbeda dibandingkan dengan yang seharusnya. 
Dead pixel terjadi apabila salah satu pixel atau subpixel mengalami masalah, dengan kondisi seperti dibawah :
-Apabila pixel selalu menyala dan tidak dapat mati, sehingga selalu menampilkan titik putih. Ini di-istilahkan dengan Hot Pixels atau Bright Pixel.
-Apabila pixel mati total, sehingga selalu menampilkan titik warna hitam. Ini di-istilahkan dengan Dead Pixels atau Dark Pixel.
-Apabila satu atau dua sub-pixel selalu menyala, atau keduanya mati total, sehingga menampilkan warna-warni seperti merah, biru dan hijau. Ini di-istilahkan dengan Stuck Pixels.

2. Penyebab dead pixel
Dead pixel sendiri bisa terjadi akibat Gadget terjatuh, terkena goncangan, ataupun terkena air
dan yang perlu digaris bawahi adalah CACAD produksi.

3. Bagaimana melihat dead pixel?
berikut cara yang bisa dilakukan.
saya berikan cara yang sederhana saja yaitu dengan memanfaatkan kamera. 
Dengan memotret di kondisi gelap total (tutupin cameranya), Anda bisa mengecek apakah layar gadget anda memiliki dead pixel??
Jika dalam hasil foto diruang gelap total tersebut muncul titik terang di layar,maka itulah yang disebut dead pixel.
apabila tidak ada kameranya, cari cara bagaimana layar gadget bisa gelap. (ksh wallpaper hitam atau apalah  ).
Catatan : untuk hasil maksimal, gunakan kecerakan layar 100% pada waktu pengecekan.
Nah gimana? ada berapa bintang di Layar Gadget kalian  wkwkwkwk

4. Bagaimana penyesesaiannya?
Dead pixel biasa terjadi pada saat proses produksi LCD, dan secara teknis sulit diperbaiki. Pada proses manufaktur sangat sulit menemukan produk-produk yang mengalami defect.
Hal ini baru diketahui setelah LCD tersebut menjadi bagian sebuah produk utuh (seperti HH, Laptop atau TV Plasma).
>>ada rumor juga bisa juga memperbaiki Layar yang dead pixel dengan aplikasi Pixel Repair yang support dengan gadget kalian. (syarat & ketentuan repair berlaku) Nb. saya sendiri tidak pernah mencoba dengan aplikasi yang ginian. saya anggap 90% tdk bisa diperbaikin. 


5. risiko deadpixel jika dibiarkan?
Dead pixel mempunyai karakteristik :
-Tidak menular, artinya dead pixel tidak akan “menyebarkan” defect tersebut ke pixel layar lainnya.
-Bersifat individu (isolatif), dimana sebuah dot pixel tidak berhubungan dengan dot pixel lainnya. Mereka bersifat individu.
-Kecil kemungkinan melebar (membesar), karena ukuran pixel selalu tetap. Jika terjadi kerusakan resolusi dalam wilayah yang lebih luas,
biasanya disebabkan kerusakan cairan kristal bukan pada pixelnya.

5. Ulasan :
Dead pixel juga lumrah terjadi pada semua industri yang menggunakan LCD : seperti Notebook, Televisi, HP/PDA, DVD Portable, MP4, Digital Camera, dsb.
Jadi tidak hanya terjadi pada HH saja.
>>>>secara prosentase, jumlah produk yang mengalaminya juga tergolong cukup kecil sehingga tetap bisa diterima oleh standar industri dunia pada level tertentu. 
Saran saya Untuk yang pegang Gadget pada umumnya, HH Cina/Lokal lebih khususnya dan evas A7s yang paling khusus  /
untuk evas a7s sendiri, rata2 HH yang keluar punya dead pixel. saya bisa mengatakan sekitar 80-90%.. 
dead pixel antara 1-5 lupakan saja, cuekin. loh kok? knp? ya iya lah hal ini berhubungan dengan harga sebanding dengan HH.
dead pixel 8>>UP balikin ke tempat beli HH agan, minta tuker baru ... 
la yang dead pixel antara 6 atau 7, gmana? terserah agan aj enaknya gimana, trima atau tidak 

counter biasanya mau langsung ganti baru ditempat kalau kerusakan belum lama, sekitar 1x24 jam - 2x24 jam.

Punya saya sendiri ada 3 titik dead pixel, 1 lumayan ky bintang baru lahir, 2 lagi kliatan kl dimiring2in. biasa aja mengingat "ono rego ono rupo" (harga menentukan kualitas).
kalau sudah terlanjur gausah menyesal... lagian ulasannya sudah jelas kan? buat pelajaran kalau beli gadget baru, langsung cek kondisi layar,
biasanya penjual gadget cuma cek kelengkapan sama fungsi2nya aja normal gk, tidak sampai sedetail itu. ga sempet di toko ya coba dirumah, gusah bingung kan ada waktu 1x24jam.

Sumber : Beberapa blog yg yg telah saya rangkum




Ada tambahan dari agan mynamebowo
Mau nambahin nih, saat sebuah pixel dinyatakan mati (dead pixel) ataupun sekarat(bright pixel) itu artinya udah gk bisa dibenerin, jd rumor yg bilang ada aplikasi yang bisa ngbenerin dead pixel/bright pixel itu HOAX. Yg ada aplikasi yg buat ngebenerin stuck pixel, karna stuck pixel ini masih bisa dikalibrasi dengan mengganti" warna secara cepat(kalo tangan situ sanggup gonta ganti warna cepet gk butuh aplikasi), tp kemungkinan kembali normalnyapun kecil bahkan beresiko menjadi dead pixel.

Subscribe for latest Apps and Games


3 comments:

  1. mau nambahin nih, saat sebuah pixel dinyatakan mati (dead pixel) ataupun sekarat(bright pixel) itu artinya udah gk bisa dibenerin, jd rumor yg bilang ada aplikasi yang bisa ngbenerin dead pixel/bright pixel itu HOAX.
    yg ada aplikasi yg buat ngebenerin stuck pixel, karna stuck pixel ini masih bisa dikalibrasi dengan mengganti" warna secara cepat(kalo tangan situ sanggup gonta ganti warna cepet gk butuh aplikasi), tp kemungkinan kembali normalnyapun kecil bahkan beresiko menjadi dead pixel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih buat tambahannya ya :))
      nanti saya masukin ke dalam update postingannya

      Delete